Tidak sulit untuk membayangkan
sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie (1856-1907) membayangkan sarana untuk
melakukan hal yang akhirnya akan menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia
menulis tentang senjata yang menggunakan energi atom faktor resikonya
memusnahkan hampir dua kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade
kemudian, Proyek Manhattan berjalan baik.
2.
Internet
Buku William Gibson, Neuromancer,
sekaligus mengatur dasar bagi genrecyberpunk serta internet (atau
lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam duniadystopian,
hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputer global yang menggunakan
antarmuka otak khusus, yang memungkinkan semua orang di planet ini untuk
bertukar informasi dengan cepat. Terdengar akrab?
3. Space Travel (Perjalanan ke luar angkasa)
Meskipun novel tahun 1865
berjudul “Dari Bumi ke Bulan” menceritakan kisah Komedi, Jules Verne melakukan
beberapa perhitungan yang serius untuk kembali mengangkat kisah tentang tiga orang
mencoba untuk melakukan perjalanan ke bulan menggunakan meriam. Beberapa
teori-teorinya dan persamaannya yang akurat ternyata mengejutkan mereka yang
melakukan misi Apollo, dan ia bahkan dengan benar meramalkan bahwa bobot akan
ada di luar angkasa.
4. Robot
(R.U.R. oleh Karel Capek,Metropolis)
Gagasan untuk membangun kehidupan
buatan telah ada selama berabad-abad, tetapi istilah “robot” diperkenalkan
pertama kali dalam permainan Karel Capek, RUR (Rossum’s Universal Robots).
Namun, untuk melihatnya belum terwujud sampai tahun 1927, film Metropolis
diluncurkan menggambarkan bahwa orang-orang mulai melihat robot sebagai mesin
humanoid yang dapat dikendalikan oleh seorang programmer.
5. PDA atau Pocket Komputer
Pada tahun 1974, ketika sebagian
besar komputer yang cukup besar mengisi seluruh kamar, Larry Niven membayangkan
sebuah versi berukuran saku dalam novelnya ” The Mote in God’s Eye”. Dikisahkan
“komputer saku” banyak digunakan untuk perhitungan matematis dan mencatat, tapi
dengan fungsi-fungsi komunikasi mereka, Niven juga menggambarkannya seperti
Blackberry atau iPhone.
6. VCR /
DVD Player
Ketika sebagian besar dunia
mengagumi penemuan gambar bergerak di tahun 1890-an, HG Wells sudah memikirkan
cara untuk membuatnya lebih baik. Pada satu alur dalam novelnya, seseorang
terbangun, kemudian menemukan sebuah mesin yang tampaknya untuk menyimpan dan
memutar film untuk hiburan pribadi.
7. Satelit
Edward Everett Hale penulis yang
mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam cerita pendek, “The
Brick Moon,” terkenal setelah penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke pertama
kali mengusulkan satelit sebagai alat untuk komunikasi massal. Dia menulis
sebuah artikel pada tahun 1945 yang menggambarkan perangkat komunikasi yang
melayang di orbit untuk memberikan komunikasi global berkecepatan tinggi .
Tujuh tahun kemudian, Sputnik diluncurkan.
8. Virus
Komputer
fiksi ilmiah bukan hanya
mengilhami penemuan-penemuan yang baik. Ketika peneliti sengaja menciptakan
virus komputer pertama pada tahun 1975, mereka menggambarkannya sebagai
“cacing.” Istilah ini diambil dari novel John Brunner, The Shockwave Rider ‘,
di mana “cacing pita” mulai menginfeksi komputer di seluruh dunia.
9. Taser
Ketika Jack Cover mengembangkan
prototipe pertama untuk senapan mematikan, ia terinspirasi dari novel tahun
1911 karya Victor Appleton yang ia baca ketika masih anak-anak “Thomas A.
Swift ’s Electric Rifle.”, salah satunya menampilkan sebuah “senapan
listrik” yang digunakan untuk berburu.
10.
Software Penerjemah
“Babel Fish” bukan hanya nama
acak dari AltaVista yang datang dengan perangkat lunak terjemahan web mereka.
Ini sebenarnya merupakan gadget dari novel ”The Hitchhiker’s Guide to the
Galaxy” 1971 yang dapat menerjemahkan bahasa apapun setelah dimasukkan ke dalam
telinga seseorang.
No comments:
Post a Comment