Thursday, September 19, 2019

Rangkuman Network Communication

Definisi Network Communication : Beberapa komputer yang saling berhubungan yang dapat berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.



1. Client Computer & Server







Client Computer dapat saling berhubungan dengan server. Client Computer mengakses/mengambil data dari server. karena fungsi dari server adalah menyimpan data.

2.   RJ45 

Related image

RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya.







3. UTP & STP Cable 


Related image

Kabel UTP dan STP merupakan kabel yang digunakan untuk membuat konfigurasi LAN, Perbedaan dari kedua kabel ini ada pada bentuk fisiknya, kabel UTP tidak memiliki pelindung didalam kulit kabel sementara STP memiliki pelindung didalam kulit kabel. Perbedaan ini sudah sangat jelas pada nama kedua kabel ini. Unshielded pada UTP dan Shielded pada STP.

4. Tang Crimping

Image result for tang crimping 

Tang crimping adalah peralatan yang digunakan untuk meng-crimping RJ45 yang sudah terpasang dengan benar di kabel UTP dengan fungsi sebagai berikut:

Untuk memotong kabel, untuk mengelupas kulit kabel dan untuk meng-crimping RJ45.

5.   Switch

Related image


Switch adalah sebuah perangkat jaringan pada komputer yang menghubungkan perangkat pada sebuah jaringan komputer dengan menggunakan pertukaran paket untuk menerima, memproses dan meneruskan data ke perangkat yang dituju.

6. Hub


Image result for hub network

Secara fisik Hub memiliki lubang port yang lebih sedikit dari pada Switch. Bila dilihat dari fungsinya Hub memiliki fungsi yang sama dengan Switch, hanya saja bila menggunakan Hub proses mengambil dan mengirim data tidak bisa sama seperti Switch yang bisa dilakukan secara bersamaan.


7.   Router


Image result for router

Router Berfungsi Sebagai Penghubung Antar Dua Atau Lebih Jaringan Untuk Meneruskan Data Dari Satu Jaringan Ke Jaringan Lainnya. Router Berbeda Dengan Switch. Switch Merupakan Penghubung Beberapa Alat Untuk Membentuk Suatu Local Area Network (LAN).


8.   Access Point

Image result for access point
Memiliki fungsi yang sama dengan Router, namun Acces Point tidak harus menggunakan kabel untuk terhubung ke internet, karena perangkat lain dapat terhubung dengan Acces Point secara Wireless. 

9.   LAN Card

Image result for lan card

Merupakan perangkat keras yang ada pada CPU atau lebih tepatnya dipasang pada Mainboard/Motherboard.Perangkat ini digunakan untuk menyambungkan RJ45 pada komputer yang dijadikan untuk konfigurasi LAN.


10.   LAN Converter

Image result for lan to hdmi

Seperti namanya, perangkat ini digunakan untuk mengconvert / mengubah dari port untuk RJ45


11.   Pemanjang RJ45


Image result for female to female lan

Seperti namanya, digunakan untuk menyambung kabel LAN bila kabel LAN tidak cukup panjang.

12.   Coaxial Cable 

Image result for coaxial cable

Coaxial Cable atau Kabel Koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Merupakan kabel yang biasanya digunakan pada antena TV.


13.   Fiber Optic Cable 



Image result for fiber optic cable

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.









No comments:

Post a Comment